Ali Mukhni Buat Gebrakan

Pariaman, Amiruddin

Sosok Ali Mukhni

Sosok kepemimpinan Drs. H. Ali Mukhni,  sebagai Bupati Padang Pariaman tidak perlu diragukan lagi. Buktinya, baru dua minggu  diberi kesempatan memimpin secara penuh. Ali Mukhni, telah membuat gebrakan  untuk kesejahteraan masyarakat 5 tahun kedepan.

Sebelumnya, hampir 5 tahun Ali Mukhni selaku Wakil Bupati Padang Pariaman, mendampingi  Muslim Kasim,  langkah Ali Mukhni sangat terbatas. Namun dia, selalu memahami wewenangnya  sebagai orang kedua dan tidak mau neka neko dengan Muslim Kasim.

Ali Mukhni yang dihubungi di ruang kerjanya, Kamis (2/9-10)  didampingi Kabag Humas dan Protokoler, Anesa Satria, SH, mengatakan, apabila melihat kepada jumlah penduduk  Padang Pariaman, angka kemiskinan masih tergolong tinggi, dari 392. 941 jiwa, (20,2 %) merupakan warga miskin.

Salah satu program yang akan dilaksanakan Ali Mukni sebagai Bupati Padang Pariaman pada tahun 2011, pelayanan kesehatan gratis bagi warga miskin sampai sembuh, tanpa memandang penyakit yang dideritnya.

Karena selama ini, program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang diluncurkan pemerintah pusat, secara nasional  sangat terbatas dan tidak semua macam penyakit yang bisa dibayarkan, sehingga masih terjadi keluhan terhadap pelayanan kesehatan masyarakat miskin tersebut.

Dijelaskan Bupati Ali Mukhni, berdasarkan UUD 1945 pasal 28H, Undang-undang nomor 23/1992 tentang Kesehatan dan Undang-undang nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Berdasarkan undang-undang tersebut.

Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, telah melaksanakan Penjaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Program ini telah berjalan sejak tahun 2005 dengan nama Askeskin dan di tahun 2008 berganti nama  menjadi Jamkesmas.

Masih penjelasan Ali Mukhni, sedangkan Jamkesda telah dimulai dilaksanakan pada akhir tahun 2007  yang gunanya untuk menanggung masyarakat miskin yang tertanggung data base Jamkesmas. Untuk tahun 2009 dana yang disediakan, buat pelaksanaan program Jamkesda berjumlah Rp. 2.269.800 dan pada tahun 2010 dana disediakan berjumlah Rp. 1.606.000.000.

Lebih jauh disampaikan Bupati Ali Mukhni, untuk Jamkesda Kabupaten Padang Pariaman dan pengembangan Jaringan Pengembangan Kesehatan Masyarakat (JPKM) direncanakan pada tahun 2011 disediakan anggaran sebanyak Rp. 6.573.732.000.

“Kita berharap rencana anggaran ini untuk masyarakat yang kurang mampu di Kabupaten Padang Pariaman bisa terealisasi, sehingga masyarakat yang miskin bisa terlayani dengan baik, sesuai UUD 1945 pasal 28H dan UUD no. 23/1992 tentang Kesehatan, menetapkan bahwa kesehatan adalah hak fundamental setiap individu,” ujar Ali Mukhni menimpali.

Karena itu, setiap warga, keluarga dan masyarakat berhak memperoleh perlindungan terhadap kesehatannya dan Negara bertanggung jawab mengatur agar terpenuhi hak hidup sehat bagi penduduknya, terutama bagi masyarakat miskin yang tidak mampu.

Pada sisi lain Ali Mukhni, juga menyentil tentang Rumah Tangga Miskin (RTM) Kabupaten Padang Pariaman, pada tahun 2008 19.855. Apabila dilihat dari angka kunjungan masyarakat untuk berobat ke Puskesmas dari tahun 2004-2009, menurun 50 % pada tahun 2004 (284.207) pada tahun 2009 menjadi (139.784).

Tujuan umum dari program kesehatan ini, meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat peserta yang tidak tertanggung pada Jamkesmas di Puskesmas dan jaringannya di Kabupaten Padang Pariaman.

Sedangkan tujuan khusus, terselenggaranya pelayanan kesehatan dasar oleh Puskesmas dan jaringannya termasuk Poskesdes bagi peserta program Jamkesda. Kemudian terselenggaranya proses pelayanan, rujukan ke PPK. Selain itu terkendalinya, mekanisme pembiayaan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan jaringannya.

Disamping itu, bagaimana supaya terselenggaranya manajemen pengelolaan Program Jamkesda di Puskesmas. Terakhir, agar terselenggaranya pembinaan program Jamkesda atau Jamkesmas di setiap jenjang administrasi.

Sasaran yang akan dicapai, seluruh peserta Jamkesmas atau Jamkesda yang memiliki kartu atau yang sudah dicatat dalam data base. (***)

TABEL

NO. PROGRAM JUMLAH
1. Jamkesmas 118.490  jiwa
2. Jamkesmas Pasca Gempa 67.677  jiwa
3. Jamkesmas 2010 20.075  jiwa

Jumlah                       206.242. jiwa

Termasuk dalamnya sasaran khusus dengan proyeksi

1. Ibu hamil 9.195 orang
2. Ibu bersalin 8.654 orang
3. Ibu Nifas
4. Bayi 8.242 orang
5. Anak Balita 40.584 orang

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: