Ponpes Hidayatullah Nu Butuh Bantuan

Padangpariaman, (Paris)

Drs. Masri Can Tk. Majo Basa

Pembangunan Ruangan Kelas Baru (RKB) Pondok Pesantren Hidayatullah Nahdlatul Ulama (NU) Toboh Marunggai Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, masih terbengkalai,  membutuhkan biaya tambahan sampai selesai Rp. 200 juta lagi.

Hal itu diungkapkan Ketua Yayasan Hidayatullah, Drs. Masri Can Tuanku Marajo Basa,  di Pariaman, Selasa (21/09-10). Dikatakan, jumlah Ruangan Kelas Baru yang sedang dikerjakan 6 kelas, lantai dua. Sampai kini baru siap 60 parsen dan sudah menelan biaya Rp. 265 juta.

Lebih jauh dijelaskan Masri Can Tk. Marajo Basa,  sumber dana pembangunan, awalnya  berasal dari bantuan bencana Gempa 2009 dari Departemen Agama RI sebanyak Rp. 100 juta lebih dan sisanya, merupakan swadaya masyarakat baik yang ada di kampung ataupun yang berdomisili di perantauan.

Menurut Masri Can,  sarana dan prasarana Ponpes Hidayatullah Nahdlatul Ulama (NU) Toboh Marunggai, disamping RKB, ada mushalla dan asrama yang berkapasitas 40 orang. Sedangkan santri yang terdaftar 147 orang, terdiri dari tingkat ula, wustha, ulya, mda, dan tpq yang diasuh 7 orang guru dengan pimpinan pondok Muhajir Tk. Bandaro.

Dikturkan Masri Can,  santri yang sudah mondok sebanyak 21 orang. Sementara yang lainnya, tinggal bersama orang tua mereka yang sebagian besar putra – putrid Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Masih penuturan Masri Can, secara bertahap pada tahun depan, Ponpes Hidayatullah Nahdaltul Ulama, akan membuka sekolah formal, seperti Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah,  melihat kepada kondisi daerah.

“Apabila cita-cita ini terujud  sangat membantu kepada masyarakat sekitar yang selama ini masih ada yang putus sekolah, seperti tamat SD dan SMP, masih ada yang tidak melanjutkan,” ujar pejabat Kemneterian Agama Padang Pariaman ini. (tka)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: