Profil Amiruddin

Assalamu’alaikum wrwb. Perkenalkan nama saya Amiruddin, begitulah kedua orang tua saya, memberikan nama ketika dia melahirkan saya  pada tahun 1958 silam.

Seteleh agak besar, ketika masih dibangku sekolah dasar  saya dimasukan pesantren, bersama dengan kakak sebapak saya Ali Ibrahim, di Batu Tebal pinggiran Danau Singkarak dengan guru  Tuanku Imam Ghazli. Dalam perjalanan sering berpindah di sekitar Danau Singkarak dan terkahir pindah bersama Imam Ghazali di Padang Magek Kecamatan Rambatan, Kab. Tanah Datar.

Dari Padang Magek, saya pindah ke Padang, tepatnya Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Batang Kabung-Tabing Padang Sumatera Barat sekitar tahun 1972. Tamat di MTI Batang Kabung Pada Tahun 1977, setelah menghormati kaji (istlah suraunya red) berdo’a, diberikan gelar oleh orang kampung tanah kelahiran saya Tuanku Majolelo.

Setelah itu, bergabung kembali dengan guru sebelumnya, Tuanku Imam Ghazali tinggal di Singkarak-Kabupaten Solok. Disamping tinggal di mushalla, juga berusaha sebagai tukang service jam tangan antar pekan ke pekan Singkarak-Sumani.

Setahun kemudian pindah lagi ke MTI Batang Kabung-Padang dan oleh Buya H. Salif Tuanku Sutan, ditempatkan di surau Simpang Kalumpang Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah, sebagai guru mengaji dan imam shalat.

Pada tahun 1979,  mendaftar ke IAIN IB Padang pada Fakultas Da’wah dan diwisuda S.I pada tahun 1988. Pekerjaan yang sudah pernah dilalui, pada tahun 1989 s/d 1991 Sarajana Pelopor Pembangunan Desa (SPPD). Masih pada 1989 s/d 1996 Kepala MTsS Padang Sago.

Tahun 1991 s/d 1996 Wartawan KMD Halauan. Kemudian 1996-1998, wartawan Majalah Sentra Jakarta. Setelah itu, 1998-2000 Wartawan SKM Padang Pos. Selain itu, dari tahun 2000 s/d 2001 wartawan Harian Semangat Demokrasi Padang. Dilanjutkan sejak 2001 s/d sekarang, wartawan SKM Serambi Pos Perwakilan Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Selain di SKM Serambi Pos, sejak tahun 2009 s/d sekarang, reporter Media Online Sitinjau News untuk Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Tahun 1986, menikah dengan Suarni. A, SH Wakil Penitera Pengadilan Agama Pariaman. Dikaruniai dua orang anak. Alfi Syukrina Amir yang lahir pada tahun 1987 dan Elfa Silfiana Amir, kelahiran 1988. Keduanya sedang menuntut Ilmu di UPI Bandung, S.2 dan S.1.

Alamat rumah Jln. H. Agus Salim No. 61 A Depan Perumnas Desa Kp. Baru, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Terhitung, sejak 2 Agustus 2010 resmi diterima sebagai mahasiswa Pasca Sarjana IAIN IB Padang, konsentrasi Ilmu Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: